Selasa, 10 Juli 2012

TIPS: SUSAH NGGA SIH MASUK UI

Pertanyaan yang belakangan ini rentan dihadapi oleh anak-anak UI oleh para penggalau PTN kelas 3 SMA hahaha. Oke dulu gue juga galau gini sih sampe nanyain kakak-kakak kelas soal jurusan-jurusan yang sesuai dengan gue. Di sini gue mau ngasih tips, trik, dan gambaran buat lo lo semua yang pengen tau musti gimana biar bisa masuk ke kampus perjuangan. Jadi lo lo semua musti nyimak ini. *kibas jilbab* *ala Marshanda*

Oke ini sebenernya tips en trik masuk PT yang lo inginkan sih ya, sebenernya semua sama aja cuma judulnya pake UI karena orang-orang nanyanya ya tentang UI ke gue. Masa nanya tentang ITB padahal gue bukan anak ITB -_-  Mumpung masih fresh di otak nih baru dua bulan yang lalu haha oke, SIMAK yuk!

1. PERTAMA DAN UTAMA, tentuin tujuan lo. Oke mungkin semua adek kelas gue udah capek gue teriakin ginian di telinga mereka tapi serius, kenali diri lo dan tau apa yang lo mau. Udah mau kuliah lho, udah gede hehe. Yang penting sebenernya bukan apakah elo jodoh sama jurusan itu apa enggak, tapi seberapa kuat keinginan lo akan jurusan itu menggerakkan lo untuk belajar. Cita-cita bisa berubah kok. Satu hal, gak usah takut untuk mengakui apa yang lo pengenin. Banyak orang, rata-rata malah yang pinter banget, yang paling bingung sebenernya dia pengen apa. 

Waktu gue ikut ESQ sih, katanya cara yang paling gampang untuk nentuin apa yang lo suka adalah cari hal yang bikin lo lupa waktu melakukannya. Yang positif ya. Kalo menurut gue sih, kalo ada orang nanya lo "Pengen masuk apa?", dan hal yang segera terlintas di otak lo (meski lo suka ga nyadar) adalah hal yang sebenernya lo pengenin. Sebenernya, lo bohong kalo lo bilang ga tau mau pengen apa. Go consult a psychologist, atau cara paling simpel ya dengan cara yang barusan gue kasih tau. Alam bawah sadar kita menyimpan lebih banyak tentang diri kita ketimbang alam sadar kita.

Terus satu lagi, jangan terlalu addicted sama jurusan itu. Timbang minat lo, cari dan pilih hal yang mirip-mirip sama pilihan pertama lo itu dan lo juga suka. Contoh, teman gue yang gagal masuk FK rata-rata masuk Farmasi atau Bioproses. Dari Akuntansi bisa ke Administrasi juga kok ada pelajaran Akunnya. Be realistic that tons of people fight for one seat of the favorite faculty so make sure you've anticipated this. Jangan lihat jurusan dari passing gradenya. Kenali jurusannya, tanya senior-seniornya, lihat apa yang dipelajari di sana dan prospek ke depannya.


Banyak orang jenius yang akhirnya harus galau milih antara STEI ITB dan FKUI, misalnya, to whom I feel sorry :p Sebenernya kan teknik sama kedokteran itu disiplin ilmunya beda jauh ya, tapi susah kalo lo mengikutsertakan pengetahuan tentang passing grade itu ke otak lo sih. Kalo lo tau apa yang lo pengenin, semua akan terasa mantep sih. Terkadang enak jadi orang dodong macam gue yang ga musti galau akut kaya gitu hahaha.


2. Kejar jurusannya, bukan universitasnya. Banyak banget temen gue pengen masuk ITB, tapi begitu gue tanya "Mau fakultas apa?" mereka malah nggak tau. Akhirnya? Mereka baru tau mau masuk apa pas semester 2, dan menyia-nyiakan semester 1 yang sangat berharga untuk mencari segala informasi mengenai jurusan yang mau mereka ambil. Fyi, gue udah tau kok mau masuk apa dari gue kelas 2 SMA awal. Malah kebanyakan. Hahaha.


Kalo lo dari Bandung dan orang tua lo susah membiayai lo kalo lo masuk UI (buat ngekos dll), masuklah Unpad atau apapun yang deket. Dengan jurusan yang lo mau. Mimpikan jurusannya bukan universitasnya. Kalo universitas, pikirkan mana yang paling efisien dan win-win solution lah pokoknya. Kalo gue sih pengen masuk UI dulu gara-gara pengen masuk "salah satu UKM-nya" hehehe, dan untunglah gue juga orang Jakarta jadi ga terlalu jauh.


Anyway, gue sangat super salut sama temen-temen gue yang ngejar FK sampe ke Bali dll. They really deserve a standing ovation for striving their truest passion :)


3. BELAJAR!!! Apa lagi? Cara belajar orang sih beda-beda, tapi kalo gue dulu les di BTA 45 *promosi ehem* karena gue orangnya ga disiplin kalo belajar sendiri, musti dicambuk istilahnya, hahaha. Kelebihan les, menurut gue, adalah lo belajarnya dijamin teratur dan lo bergabung dengan anak-anak sekolah lain yang bisa jadi gambaran saingan lo pas ujian nanti. Dengan try out yang rutin dan semacamnya bisa jadi gambaran jelas mengenai kelebihan dan kekurangan lo.


Tapi kalo lo bisa belajar sendiri gak papa, asal saran gue tetep rajin ikutin try out yang akbar itu loh. Disiplin dan punya niat, itu aja sih.


Saran sedikit dari gue, tapi mungkin ga applicable ke semua orang sih:
*Matdas: Rajin latihan. Hafalin rumus. Bikin target, sehari berapa soal. Terus coba kerjain soal-soal tahun-tahun sebelumnya dan lihat lo bisa berapa soal, dan materi apa aja yang belom lo kuasai. Gue ga menyarankan kalian ngabisin waktu buat Matdas kalo ga bisa sih. Cukup lihat materi mana aja yang kira-kira bisa dikuasain dan kuasai itu. Materi macam logika, deret, dimensi 3, logaritma sama pangkat-pangkat itu biasanya cuma aplikasiin rumus yang musti lo hafal aja (Confession: gue sampe sekarang ga ngerti apapun soal grafik-grafik kuadrat itu tau ga haha). Oke gue hanya membuat itu terlihat gampang biar kalian semua relax soalnya Matdas itu yang paling ditakuti hahaha. Oh iya buat Matdas, teliti lagi soal yang terlihat susah dan mustahil dikerjakan, terus coba-coba. Pas hari H SIMAK, pas buka soal, gue langsung $#@~*(^*!!!! Kayanya ga bisa satupun. Akhirnya gue telusuri satu-satu, in the end bisa ngerjain 9 soal (yang gue pikir dikit, ternyata malah banyak anak yang ga ngerjain 1 soal Matdas pun saking susahnya). Tips terakhir, disarankan dipake kalo udah desperet dan waktu masih banyak: coba masukin angka di pilihannya satu-satu ke soalnya.


*Bahasa Indonesia: Hafalin penggunaan koma, kata baku, kalimat baku, de el el. Lo ga usah ngerti kenapa musti pake koma pas ini dan ga pas itu, cukup aplikasiin ke soal, oke. Cara baca teks: skimming, baca kalimat pertama di tiap paragraf SAJA kalo yang ditanya ide pokok.


*Bahasa Inggris: Liat kelebihan lo di mana. Gue sangat kurang di reading makanya gue me-longlive-kan soal-soal grammar. Jarang banget ada orang yang bisa reading DAN grammar. Cari tau lo lebih bisa di mana, dan maksimalkan itu. Liat dulu pertanyaannya baru liat bacaannya. Yang agak ribet di soal-soal reading sih biasanya jawaban dan kalimat yang dimaksud di dalam teks beda kata-kata tapi artinya sama. Jadi yah, untung-untungan deh. Udah ga sempet sekarang nambah-nambahin vocabularies etc. Jangan ngabis-ngabisin waktu bacain semua teks.

*TPA: Rajin latihan! Cari tau gimana cara mecahin soal-soal logika. Matematikanya biasanya gampang kok, asal jangan bikin kesalahan kecil aja. Yang gambar juga biasanya gampang. Golddig this, jadikan ini sebagai tambang nilai. Bobot TPA 30%, lo dapet 20% dari TPA aja udah bagus banget.


*Kemampuan Prediksi IPA / IPS: Cuma satu kata: HAFALIN. Semuanya. Paham doang ga cukup, ntar di soalnya bakal ditanya detail. Satu kata, Nak, hanya satu kata: HAFALIN. *kibas jubah putih* *elus-elus janggut berkutu*




4. Persiapan. Kalo bisa, masalah-masalah sepele kaya pensil, penghapus, fotokopi ijazah, kartu peserta dll itu mending maksimal 3 hari sebelum ujian udah disiapin di satu tas yang tinggal dibawa, biar ga lupa. Soalnya kalo H-1 baru nyari-nyari dan ga nemu justru bikin stres yang bakal bikin performa lo turun besoknya *semacam bola ya, performa*

Jangan lupa persiapan mental. Dan kesehatan. Makan yang teratur, banyakin sayur, susu, vitamin. Klo hari H sakit tuh ga enak banget loh.


5. DOA. Minta restu orang tua dan orang-orang sekitar. Yaaa klise sih tapi itu bikin kita jadi tenang loh.




Oh iya terus pas hari H, usahakan jangan datang telat. Kalo bisa sejam dua jam sebelum tes mulai biar ga deg-degan dan bisa belajar santai. H-1 ujian usahakan udah cari lokasi ujian. Sisanya, pasrah, serahkan sama yang di atas, dan mulai belajar lagi untuk ujian selanjutnya :)



Sekedar sharing ya, gue dulu bukan anak yang oke kok di kelas. Ranking jelek banget. Nilai ancur. Di saat semua anak rebutan angkat tangan buat jawab pertanyaan gue mah nyante aja, paling sok-sok ikut angkat tangan pas semua udah angkat tangan biar gurunya liat gue ada niat jawab, padahal mah ga tau apa-apa :p Dan gue kelas 3 masih turun lomba LIMA KALI.


But why did I still manage to pass the admission test? Yaaa meskipun gue suram di kelas, tapi toh gue semester 2 bener-bener berubah. Sebulan sebelum SNMPTN, gue bener-bener yang namanya ke BTA tanpa bolos, ikutin itu tambahan semuanya ga pake alasan capek atau apapun. Yang namanya capek bakalan lenyap kalo lo mikir mimpi-mimpi lo. Pas sebelum berangkat BTA ataupun malem sepulang dari BTA gue kerjain tu soal-soal dan hafalin materi-materi. No excuse pokoknya hidup gue belajar dari pagi sampe malam. Dan gue serius soal ini.


Buat kalian yang ngerasa ga pede dengan mimpinya lantaran ngerasa "bodoh", satu hal, buat ujian-ujian masuk univ ini (mengutip kata-kata temen gue, Dianty) "semua orang startnya sama." Bukan berarti yang pinter lebih di depan. Temen gue ada yang ranking terakhir di kelasnya tapi masuk Akun reguler UI. Kok bisa? Karena pinter ga jamin lo masuk PT. Yang penting niat, doa, dan disiplin.

Jadi, "Susah ga sih, Kak, masuk UI?"

Kita nggak tau dan nggak akan pernah tau. Masa depan masih blur. Dan yang bisa lo perbuat sekarang adalah membuat hal yang tidak pasti itu menjadi pasti.

4 komentar: