Selasa, 10 Juli 2012

KISAH ANGGITA MENUJU FK UNDIP

mahasiswa . berasal dari kata maha dan siswa . mungkin artinya adalah orang yang menuntut pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi , secara “maha” kan setara kaya “dewa” (dewa nya bukan yang dipuja sama orang jaman dulu yaa) . hhaha . ngasal banget gue . ngga nyambung ? emang . ngga ngerti gue juga .
pokonya . mahasiswa itu , lebih dari sekedar siswa . udah ngga diasuh lagi sama guru . udah ngga dicekokin pelajaran lagi sama guru . para dosen ngga mau tau siswa mereka yang katanya “maha” mau belajar serius apa ngga , yang penting mereka udah ngejalanin kewajiban sebagai pengajar , selebihnya urusan pribadi si mahasiswa masing-masing .
dulu pas TK , impian pertama gue adalah menjadi seorang astronot . waktu itu gue pernah nonton iklan susu , nggatau susu apa , lupa lagi . di iklan itu ada banyak anak kecil yang ditanyain mau jadi apa kalo udah gede . nah ada anak cewe yang bilang kalo dia mau jadi astronot . waw . gue jadi pengen jadi astronot . nggatau kenapa , kayaknya seru aja kerja di bulan (bayangan gue kerja astronot selalu di bulan . haha . padahal ngga kan ? eh . apa iya ?) . terus lamalama kepikiran ,
kalo astronot gimana kalo mau pipis ? kalo mau pup ? kan bajunya rapet gitu ? mana di bulan kan terbangterbang . apa air pipis nya jadi terbang2 juga ?
- terlalu banyak pikiran anehbermunculan di otak gue . haha
lama-lama , gue malah pengen jadi dokter . kenapa ya ? nggatau . yang pasti ngga karena ngeliat iklan susu lagi . pokoknya gue pengen jadi dokter ! impian dari SD kayaknya . dan sampe sekarang , gue pengen jadi dokter .
dari TK Permata Bunda , gue sukses masuk SD Polisi 4 , abis dari situ , gue sukses masuk SMP Negeri 1 Bogor , abis dari situ , gue gagal masuk SMA Negeri 1 Bogor . errrr . sial . gue ngga bisa masuk sekolah yang gue pengenin , ketendang de ke SMA Negeri 3 Bogor .
BT ? YA !
tapi mau gimana lagi dong , nem gue 27.67 , padahal passing grade smansa 27.80 . anjisss . nyaris masuk ! pengen banget gue denger nyokap bilang
nggit kamu pindah aja ya ke smansa ?
tapi . gue malah denger
ahh . nggausah pindah . mahal . mending kamu belajar yang bener . yang penting finishingnya (masa depan)
OKE . saat itu gue bilang dalem hati : sekarang gue gagal masuk SMA yg gue pengenin . tapi GUE HARUS BERHASIL MASUK KEDOKTERAN !
gue jalanin hari-hari gue di SMANTI . haha . gue ngga masuk sekolah yg gue idam-idamkan , tapi gue bisa punya pacar dari sekolah bergengsi – SMANSA. rejeki emang ngga kemana . hahah .
pikiran gue , gampang sekolah di situ . oh shit gue ngeremehin sekolah itu , mentang-mentang dulu gue dari SMP favorit . orang-orang disini ngga lebih bodoh dari gue ! otak mereka brilliant , cuman nasib aja yang bawa mereka ngga bisa masuk SMA no.1 . sama kaya gue . gue ngga bisa ranking 1 disini . emang banyak yang pinter anak-anaknya .
setelah 3 taun gue jalanin , gue nyaman juga sekolah disini , nyaman banget malah . murid&gurunya friendly abis . walaupun peraturannya selangit . hahah . malah kalo disini belajar ampe ngerti banget , ampe nempel banget di otak gue . hahaha . SMA Negeri 3 Bogor hebat ! sempet juga gue jadi salah satu wakil dari sini sebagai peserta olimpiade matematika . tapi emang nya males , lagi tes malah makan makanan yang dibawain bu guru sama makanan yang dikasih panitia , padahal orang lain lagi pada serius ngerjain soal “dewa” itu .
3 taun kurang berlalu . waktunya hunting tempat kuliah . apply PMDK (yg pake nilai rapot) ke UNS ngambil kedokteran : gagal . apply lagi ke UNDIP ngambil kedokteran : gagal . errrr .
ikut SIMAK UI (tes mandiri UI) ambil FK sama FKG . ikut UM UDIP ambil pend.dokter sama ilmu gizi , yang seminggu kemudian diikuti mengikuti UTUL UGM ambil FK , FKG , sama farmasi .
nyokap ampe bela-belain ngikutin gue ke tempat les maha bergaransi kalo ngga masuk PTN uang kembali . sebenernya ada 2 perasaan yaa . yang pertama : hore nyokap perhatian banget sama gue ampe masukkin gue ke tempat les mahal gini supaya gue belajar yang bener . yang kedua : nyokap ngga percaya gue bisa melalui segudang ujian masuk universitas tanpa belajar dengan harga mahal . oh no ! makin besar beban gue supaya bisa masuk kedokteran !
waktu tes masuk UI , hidup gue abis di tempat les . pulang sekolah sampe jam 9 malem , kadang jam setengah 10 udah stand by di tempat les . intensif simak ui namanya . demi deh , gue lakukan apapun demi kau FK !
pas gue ngerjain tesnya , errr . pusing ! setelah gue ngerjain tesnya , gue nangis . serius nangis di depan kelas tes . gue ngga bisa ngerjain tuh soal” .
tes kedua , UM undip . dianterin sama mama papa adek ke SMAN 70 JKT . kelasnya pewe banget , ada AC , pengawasnya masih muda , cakep , bikin gue relax ngerjain soal (ngaruh tah ?) . tapi dai 100 soal selama 3 jam , gue cuman ngerjain 59 soal . semoga aja bisa tembus deh . di mobil papah kaget ngedenger gue cuman ngerjain segitu . untung ngga nabrak .
tes ketiga , UTUL UGM . tesnya di tangerang . gue juga jungkir balik buat ngehadepin hari itu . sama kaya pas SIMAK UI . gue pengen banget masuk UGM . haha . soaln ya banyak banget ngga kira-kira . dan waktu nya lama banget . berhasil membuat pantat gue mau rontok karena duduk terus .
niatnya gue ngikutin semua tes yang ada . waktu itu ada tes masuk UNSOED juga , tapi gue ngga ikutan karena belajar buat UGM .
p e n g u m u m a n .
UI gue : gagal .
haaah . gimana dong gue belum punya kuliah , temen temen udah banyak yang punya kuliah , di telkom lah , di IPB lah . haduuuh . semoga ALLAH ngasih yang terbaik buat gue .
UN . penentuan lulus atau tidaknya seorang siswa SMA . haha . soal UN jauh lebih gampang daripada tes universitas , tapi kalo gagal , FATAL ! yang udah punya kuliah juga ngga bakal bisa kuliah kalo ngga lulus UN . edan . edan . gue pasti lulus UN !
hari kedua/ketiga UN , pengumuman UNDIP keluar . errr . bikin degdegan . temen-temen seperjuangan undip gue belum pada tau kalo pengumuman undip dipercepat . abis sholat maghrib , gue duduk di sebelah nyokap . gue bilang sama nyokap mending sekarang apa ntar abis UN liat hasilnya . kata beliau sekarang aja . gue buka pengumumanya lewat hape . loading lama . banget . huu . terus gue liat tulisan yang gue lupa tulisannya , intinya gue diterima di pendidikan dokter UNDIP !
alhamdulillah . ALLAHU AKBAR !
gue langsung nangis meluk nyokap , seneng banget . cita-cita gue makin deket buat jadi dokter ! langsung telpon si gembul sayang , ganti status di fb . besoknya dapet kejutan kecil dari temen-temen sekelas UN .
selamat ya nggit ! ciee dokter :D
tulisan itu sampe tanggal 1 juli 2009 pas cowo gue tes SNMPTN masih ada . so sweet :) . ngga nyangka banget tes yang gue laluin tanpa belajar keras itu malah berbuah manis . inget banget gue cuman sempet belajar sehari , belajar matematika soal taun lalu di tempat les . sehari sebelum tes , gue presentasi akhir LIA (kursus bhs.inggris) . beberapa hari sebelum tes gue konflik sama temen sekelas garagara dia ngacauin hasil kerja kelompok biologi . tapi ini pasti garagara masih banyak pelajaran yang nempel di otak gue . terimakasih guru !
pengumuman UGM : gagal .
hahah . emang rejeki gue di undip kali ya ? gue udah beli formulir tes unpad . tapi gue ngga ngambil fk kalo gue ikut tes itu , gila mahal banget , fk 175 juta . apapaaan tuh . bisa ngga gue balik modal ke nyokapbokap ?
jadi tu formulir gue kasiin ke temen yang membutuhkan .
tadinya mau ikutan SNMPTN ngambil fk ugm , tapi ngga jadi , soalnya pembayaran undip sebelum SNMPTN , dan uang ngga bisa kembali . yaudah . gue bulet ke undip . bismillah .
persingkat waktu .
degdegan nungguin hasil UN . katanya bakal dikirim ke rumah . pengumuman UN taun ini ngga jelas . banyak kecurangan yang tersingkap , memperlambat pengumuman UN . padahal gue juga harus daftar ulang undip , yang salah satu syarat nya adalah dengan surat tanda kelulusan . dari yang tadinya hasil UN keluar tanggal 13 juni , molor terus sampai 16 juni .
18 juni 2009 (kamis) gue sama papa terbang ke semarang , pesawat jam 6 pagi . nyampe sana jam setengah 8 , terus masuk gedung prof.soedarto undip . yang pertama dilakukan isi form . yang orang undip lakukan , ngambil sample darah gue . errrr . kebiasaan buruk , abis ambil darah langsung lemes berasa mau pingsan , padahal ngga banyak yang diambil . nggatau deh kenapa . langsung aja gue minum susu biaar kuat lagi . hahaa . terus periksa tensi darah . satu kebodohan gue : gue nyangka dokter yang meriksa gue adalah seorang mahasiswi undip , padahal dia dosen ! OH MY GOD . gue cuman cengar-cengir kaya kambing . udah gitu dia bilang : “selamat datang di universitas diponegoro” . aaaah . seneng banget gue . ahaha .
ngeliat orang-orang dari berbagai daerah , ramah banget . jurus SKSD gue berjalan lancar , banyak yang mau gue ajak kenalan . hehe . udah punya banyak temen dari berbagai jurusan . alhamdulillah . hari itu juga pulang ke bogor .
gue mahasiswa UNDIP !

8 komentar:

  1. kak tanya-tanya boleh kan..
    kalau tesnya sendiri, susah gak sih kak..
    soalnya saya juga pengen masuk fk undip..

    bls ya kak :)

    BalasHapus
  2. kak doain saya nanti jadi adik kelasmu di FK UNDIP aamiin :)

    BalasHapus
  3. Kak doain saya jadi adik kelasmu ya :)

    BalasHapus
  4. Kak itu yg 175juta itu lewat jalur mandiri / proogram internasional kan? Kalo program reguler kira2 biayanya brp ya? Apa lebih murah ? Makasih kak infonya

    BalasHapus
  5. Kak masih punya soal um undipnya gak kak?

    BalasHapus
  6. Kak masih punya soal um undipnya gak kak?

    BalasHapus
  7. kak gimana dong aku um undipnya ngambil sp 1, tp kan yg keterima yg ngambil sp 2 :(

    BalasHapus
  8. Kak doain saya jadi adik kelas kakak ya di undip :)

    BalasHapus