Selasa, 10 Juli 2012

PENGALAMAN SISKA MENUJU ITB

Gue nulis artikel ini untuk menyemangati adik-adik yang pengen masuk ITB tapi merasa cita-cita itu bagai pungguk merindukan bulan. Gue jadi pengen nulis ini juga karena baru baca artikel "aku gagal 3 kali :)" yang ditulis Nurfaqih.

Nama gue Siska biasa dipanggil Cica waktu di kampus. Gue dulu anak Math angkatan 2003 dan Alhamdulillah berhasil lulus dari kampus gajah duduk tercinta itu pada Maret 2008 (Alumni nih ceritanya.. :p)

Waktu SMA memang gue berhasil masuk salah satu SMA favorit di Bandung karena waktu SMP gue terbilang cukup berprestasi..nahh...tapi kehidupan berbalik waktu gue SMA. Yah entahlah namanya juga anak-anak gue lebih banyak main ketimbang belajar waktu SMA alhasil gue sukses jadi produk gagal SMA favorit itu. Gak sampe drop out sih tapi rapot gue selama 3 tahun gak pernah bebas dari angka merah untuk pelajaran math, fisika, kimia and biologi (paling banter juga naek jadi angka 6 itu juga jarang-jarang :p).

Singkat cerita, sampai lah gue di kelas 3 SMA. Waktu itu gue dapat guru math yang lumayan nyebelin dan selalu memposisikan gue sebagai anak paling bego math-nya di kelas. Gue di sepet-sepet gitu lah, awalnya sih gue cuek-cuek aja tapi lama-lama jadi panas juga. Kesialan gue itu bermula hanya karena gue gak bisa ngerjain soal Integral Trigonometri di depan kelas, sejak itu lah gue jadi bulan-bulanan. Dia selalu mengaggap gue gak bakalan sukses, kalo pun kuliah paling di universitas gak jelas. Gue masih inget banget cara dia senyum sinis ke gue tapi gue berterima kasih juga untuk itu karena ternyata jadi motivasi gue untuk maju.

Walau saat itu gue nyadar gue gak berprestasi tapi jauh di dalam hati gue, gue pengen banget kuliah di ITB. Pernah waktu kelas 2 SMA gue ngeliat pengumuman kelulusan UMPTN senior-senior gue yang dipajang gede-gede deket kantin sekolah dimana rata-rata berhasil lulus ke ITB, gue mandangin daftar itu sambil ngomong "Bisa gak ya gue masuk ITB?" abis itu gue menghela nafas. Eh gak taunya ada Pak Guru yang denger perkataan gue itu dan bilang "Kalo kamu mau usaha pasti bisa" sambil senyum ke gue. Waktu itu gue hanya senyum ke Pak Guru tanpa mikir lebih jauh tentang kata-kata itu, yah belum benar-benar merasuk ke jiwa raga intinya he he.

Tahun 2002 gue berhasil lulus UAN dengan nilai pas-pasan (cuma lewat dikit dari batas kelulusan..fiuuhh) dan di tahun itu juga gue gagal tes SPMB dan ujian masuk perguruan tinggi lainnya. Intinya gue gak keterima dimana-mana. Mungkin tahun itu termasuk tahun tergelap hidup gue. Gue sedih banget karena dari semua temen gue, hanya gue yang gak keterima dimana-mana. Iri ngeliat mereka tertawa saling berpelukan ngeliat nama mereka ada di daftar siswa yang lulus. Bahkan temen gue yang sama-sama kurang berprestasi, berhasil lulus di salah satu perguruan tinggi swastar terkenal. Gue merasa sendirian banget. Dua hari gue nangis di kamar, sampai nyokap bokap gue takut gitu (takut gue nekat gantung diri kali..tapi sumpah gue gak pernah kepikiran sampe kesono :p jangan ada yang mikir gitu yah..dosaaa!!).

Nah setelah abis tuh air mata ampe gue gak bisa nangis lagi, gue mulai merenung. Gue ngomong ke diri sendiri kaya gini: Ya panteslah lo kagak lulus, belajar kagak pernah minta lulus dengan gampang. Terus sekarang mau gimana, nangis kan gak akan merubah keadaan, mo nangis ampe mata lo buta juga tetep aja lo gak lulus..titik. Lo harus bangkit dan lakukan sesuatu. Masih ada kesempatan tahun depan, dunia belum berakhir lah pokoknya...

Dari situ lah timbul semangat gue untuk masuk ITB. Pokoknya harus bisa masuk ITB. Gue daftar di bimbel ngambil program alumni. Pokoknya setahun gue bener-bener belajar ngebantai soal-soal. Suatu hal yang gak pernah gue lakuin sebelumnya. Gue beli buku-buku 1001 satu latihan soal gitu untuk tiap mata pelajaran yang bakal diujikan di SPMB dan semuanya habis gue kerjain dalam setahun. Ada pastinya saat-saat gue males belajar tapi ingat saat gue gak lulus SPMB dan juga sikap guru math gue itu, gue jadi terpacu lagi. Bahkan gue milih jurusan Math padahal waktu SMA gue bego banget math-nya (Termotivasi masuk Math karena dendam dengan guru Math, pengen buktiin kalo anggapan dia itu salah gitu ceritanya :p).

Gak terasa setahun lewat dan SPMB dah di depan mata. Deg-degan pastinya tapi gue optimis pas ujian, pokoknya yakin gue bisa lulus dan Alhamdulillah gue berhasil lulus di Math ITB. Rasanya saat itu tuh kaya mimpi. Perjuangan setahun gak sia-sia. Bahkan sampe sekarang aja kalo inget gue itu alumni ITB rasanya masih gak percaya he he. Bokap gue aja gak percaya pas gue bilang gue lulus ITB, ampe gue mesti bilang berkali-kali. Serunya lagi gue ketemu guru Math gue itu pas menghadiri seminar Math di kampus. Guru Math gue itu kaget pas tau gue mahasiswa Math ITB. Dia sampe diem gitu, kaya nginget-nginget perkataan dia dulu ama gue, tapi gue sih udah gak dendam, malah banyak-banyak terima kasih karena telah menjadi salah satu motivasi gue (Belom gue sampein sih, tapi someday kalau gue ketemu beliau lagi, gue bakal bilang terima kasih).

Satu hal penting lagi adalah berdoa dan minta restu orang tua. Gue ngerasa banget kalo gue bisa lulus itu berkat doa dan restu orang tua juga. Selain itu setelah masuk ITB perjuangan gak gampang tetep harus jungkir balik demi survive diantara manusia-manusia jenius di kampus. Yah bertanggung jawablah atas pilihan lo itu. Lo udah memutuskan masuk ITB ya berjuang lah. So buat ade-ade yang mau masuk ITB..semangat ya!! Minjem kata-kata Pak Guru gue waktu SMA: "Kalau kamu mau usaha pasti bisa!!" :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar