Selasa, 10 Juli 2012

SETELAH BADAI, ADA PELANGI

Ane dulu lulus SMU tahun 2003, ane berasal dari kota kecil di jawa tengah dan Alhamdulillah ane sekolah di salah satu SMU favorit di kota ane. Selama kelas 3 ane juga ikut bimbel dan sering ikutan try out yang diadain bimbel ane, ane bukan orang yang paling pinter di sekolah ane, tapi minimal ane sering masuk peringkat 5 besar. Waktu itu, ayah ane sakit keras gan, dan harus berkali kali masuk rumah sakit. Dan jujur ane dulu bukan berasal dari keluarga yang berada banget, keluarga ane mulai ngalamin keterpurukan ekonomi karena ayah ane bertahun tahun sakit. Sampai akhirnya rumah satu satunya harus kami jual untuk menutupi hutang2, berobat ayah, dan sebagian untuk modal ibu saya berjualan makanan demi menyambung hidup.
Ane belajar dimana pun dan kapan pun ane bisa, termasuk sambil duduk di lantai rumah sakit sambil nemenin ayah ane. selama 6 bulan ayah saya keluar masuk rumah sakit tanpa ada perubahan berarti. Jujur ayah ibu ane tidak pernah menekan ane, tapi ane sendiri punya cita cita yang mungkin dibilang pasaran dan cukup tinggi gan…. ane pengen jadi dokter gan. Ane tau ini ga gampang, bersaing di sekolah ane aja ane belum bisa jadi yang terbaik, apalagi bersaing dengan puluhan ribu orang??? Kata kata itu selalu terlintas di pikiran ane, tapi ane yakin Tuhan pasti ngasih jalan buat ane karena ane udah belajar keras dan berdoa.

Saat itu hanya ibu ane yang kasih ane semangat, ane anak pertama gan, dan jujur ane ga bisa konsen belajar ngeliat perjuangan ayah ane ngelawan sakitnya dan gigihnya ibu ane cari uang buat hidup, tapi justru belakangan hal itu bikin ane berapi api dalam belajar. Ane ikutan try out kemana mana dan berusaha supaya juara di try out itu, minimal ane “juara regional” lah. Tapi paling mentok ane cuman juara 3. Ane abisin kumpulan soal2 SPMB (dulu namanya SPMB sebelum jadi SNMPTN) yang dikasih sodara ane, bahkan ane hapus lagi trus ane kerjain lagi berulang2, begitu setiap hari sampe hari SNMPTN tiba. Ane lumayan percaya diri gan, ane masukin pilihan 1 fakultas kedokteran UNDIP pilihan 2 nya fakultas kedokteran UGM gan. Memang gila, tapi prinsip ane kuliah sangat menentukan akan jadi apa kita nantinya jadi pilihan yg ane pilih bukannya tanpa pertimbangan tapi emang dari hati ane gan.

Setelah ujian sampai pengumuman ane selalu berdoa, tahajud, dan berharap ane lolos. Dengan berjalannya waktu ayah ane semakin memburuk penyakitnya. Ane ga tau apa jadinya kalo ane sampe ga keterima. Sampai hari H pengumuman SNMPTN, dengan penuh rasa khawatir ane pergi ke warnet, sebelumnya ane mampir dulu di masjid sebelah warnet, disitu ane nangis sejadi jadinya sambil berdoa supaya ane keterima. Dengan uang seribu lima ratus perak, ane masuk ke warnet dan buka pengumumannya gan… ane ketikin nomer ujian ane dan dengan tangan gemetar ane tekan tombol enter… hasilnya…. Ane ga keterima gan!

Astaghfirullah, ane lemes banget liatny gan. Di situ ane ga tau lagi harus ngomong apa ke orang tua. Akhirnya ane pulang ke rumah, sepanjang jalan ane nangis gan. Hancur banget rasanya. Di rumah ane peluk ibu ane sekenceng kencengnya dan ane sujud sambil minta maaf kalo ane ga keterima, ibu ane nangis gan, dan ibu bilang “selalu yakin dan ikhlas dengan rencana Allah nak!”. Inilah kata kata yang selalu terngiang di telinga ane sampe detik ini gan.

Ane ga ngambil PTS gan karena biayanya mahal, ane mutusin nunda dan nganggur sampat SNMPTN tahun depannya. Ini keputusan berat banget buat ane tp keputusan dan cita2 ane bulat… ane tetep mau jadi dokter gan. Beberapa bulan kemudian bokap ane makin parah dan terpaksa dirujuk ke rumah sakit di Malang. Di sana ane dapet cobaan lagi gan, ayah ane divonis gagal ginjal stadium akhir karena kesalahan dokter sebelumnya dan harus cuci darah satu minggu 2 kali dengan biaya yang tidak sedikit. Jujur ane lemes banget dengernya, adik ane masih kecil gan, dan ibu ane juga udah kerja keras banget gan. Akhirnya saat itu ane sujud di depan ibu ane, dan ane bersumpah kalo bagaimanapun caranya ane harus jadi dokter… demi ibu!
Akhirnya perjuangan saya mulai lagi dari nol. Saya belajar lebih keras lagi dan introspeksi apa yang salah dengan metode belajar ane. ane sadar kalo ane menghadapi ribuan peserta yang jadi lawan berat dari seluruh indonesia. Hidup ane cuman diabisin buat buku, dan mbantu orang tua gan. Akhirnya setelah beberapa bulan ternyata usaha ibu ane mulai berbuah manis. Subhanallah!! Usaha ibu jadi berkembang dan ternyata Tuhan ngasih jalan hidup baru buat keluarga ane. ane pun belajar ga kalah keras gan, rumus2 ane tempel di tembok, ane rekam suara ane mbaca buku2 dan ane puter di walkman waktu mau tidur, jadi bahkan tidurpun ane belajar gan hehehe. dimana ada try out ane datengin, bahkan ane jadi bounty hunter karena tiap try out ane selalu bisa jadi juara 3 besar, dan berkat itu ane bisa ikut 2 bimbel berbeda. Beberapa bulan sebelum SNMPTN 2004 ane kos di Semarang. Ane ga mau jadi seperti belut yang hanya jadi juara di satu kolam, ane harus coba “kolam” yang lebih besar. Dan setelah itu waktu yang ditunggu pun tiba, ane ambil IPC gan tapi pilihan 1 dan 2 ga berubah gan ane ambil kedokteran! Itu cita cita ane!

Akhirnya singkat cerita Alhamdulillah ane sekarang dokter gan. Ane dulu keterima gan di pilihan 1!! Waktu pengumuman di internet ane nangis lagi tapi kali ini ane bahagia gan, dan orang pertama yang ane inget dan peluk adalah ayah dan ibu ane. sekarang ayah sudah meninggal gan, tapi ane bahagia karena ane tau ayah bangga sama ane. ibu sekarang punya rumah makan yang lumayan ternama di kota ane. Dan sekedar informasi adik ane juga ngalamin hal yang sama dengan ane, dan dia berhasil masuk arsitektur UI di tahun kedua. Persaingan di fakultas kedokteran sangat berat gan, kalo dulu ane ga biasa kerja keras belajar mungkin ane ga bakal bisa survive waktu kuliah. Kalo dulu ibu ane ga bangkit dari keterpurukan mungkin ane ga bisa jadi dokter sekarang. Ane bersyukur dengan semua kejadian di hidup ane. ane pikir ane tau yang terbaik buat hidup ane sendiri, ternyata ane salah gan. Hanya Tuhan yang tau apa yang terbaik untuk umatNya. Ternyata memang selalu ada hikmah di setiap musibah.
Hidup itu seperti lomba marathon gan, kita semua berlomba ke garis finish, dan ada kalanya agan jatuh dan tertinggal di belakang, sakit memang… tapi semua ada di tangan agan… apakah agan mau meratapi sakit itu.. atau bangkit dan mengejar apa yang agan inginkan!! Yang jelas saya sekarang juga berlomba dengan agan, mungkin saya sudah jauh di depan… tapi mungkin saja agan bisa berlari melewati saya, karena saya pun belum mencapai garis finish gan!!! Yakini itu gan!! Ayo bangkit!!!!!!!

Pesan ane gan :
1. Anda bersaing dengan puluhan ribu orang, berusahalah semaksimal mungkin dan jangan merasa pintar karena di luar sana banyak orang yang sama dah bahkan mungkin melebihi anda
2. Kuliah jangan asal kuliah, pikir baik2 karena itu yang akan jadi jalan hidup agan semua. Raihlah cita cita agan!
3. Jangan berhenti berdoa karena semua di tangan Tuhan, Tuhan hanya memberi kesempatan pada orang yang berusaha
4. “selalu yakin dan ikhlas dengan rencana Tuhan nak!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar